Sabtu, 05 Juli 2014

Ramadhan 2014 di RS PKU


Tiga hari jelang bulan suci ramadhan 2014 bapak saya masuk rumah sakit PKU jogja, opname karena muntah, batuk dan kejang. Sampai hari ke 8 puasa masih terbaring di ruang opname, tanda tanda membaik sih ada namun dokter masih belum mengijinkan untuk pulang.

Semoga bpk lekas sembuh dan bisa menikmati ibadah puasa tahun ini dengan ihlas dan sabar.

Di rumah sakit itu walaupun di bulan puasa, yang berobat tetep aja penuh, tiap hari ada saja pasien datang dan pulang bergantian. Kamar opname ga ada yang kosong, terisi semua oleh pasien yang rawat inap dengan bermacam-macam penyakit yang di derita. Manusia memang punnya dua kategori besar dalam hal penyakit yaitu: Satu kategori penyakit jasmani dan dua kategori penyakit ruhani. Ciri Penyakit jasmani dan ruhani adalah:
Ciri-Ciri Penyakit Jasmani ada tiga:
1. Hanya orang yang mengalaminya yang bisa merasakan betapa sakitnya penyakit itu, orang lain walaupun yang paling dekat hubungannya sekalipun tidak bisa merasakan sakitnya. contoh sakit gigi, sakit kepla, sakit ambien dll
2. Jika kita bisa ihlas dan sabar menerima takdir yakni menjalani sakit dengan hati ihlas, sabar dan tawakkal maka penyakit itu akan meruntuhkan, menghapus semua dosa-dosa kita seperti api yang membakar kayu menjadi abu. Hilang musnah dosa-dosa.
3. Obat penyakit jasmani bisa melalui banyak cara, antara lain lewat medis, usaha terapi, pengobatan herbal dsb

Ciri-Ciri Penyakit Ruhani ada 3:
1. Si penderita penyakit jasmani ini tidak sadar/tidak menyadari dan tidak bisa merasakan sakitnya, Namun orang lain justru malah bisa merasakan dan mengetahui penyakit ruhani seseorang. Contoh: penyakit sombong, kikir, iri dan dengki
2. Kalau kita ihlas menerima penyakit jasmani itu menyerang hati kita, maka akan semakin menambah dosa-dosa kita. (ini kebalikan dari ciri penyakit jasmani yang nomer 2)
3. Obat penyakit ruhani, penyakit hati cuma ada satu yakni membaca, memahami dan mengamalkan ajaran al-quran. Dan terutama adalah menjaga sholatnya.
catataku (24juni2014)

0 komentar:

Posting Komentar